Negara Indonesia terkenal dengan keindahan alamnya, seperti hutan hujan tropis yang luas, keanekaragaman hayati, dan banyaknya gunung berapi-karena dilewati oleh jalur Ring of Fireatau gugusan gunung berapi yang terletak dari Sabang sampai Merauke. Faktor keindahan bentang alam itumemengaruhi banyak orang untuk menggeluti kegiatan di alam bebas seperti naik gunung, panjat tebing, arung jeram,traveling, dan lain-lainnya.
Maraknya kegiatan alam bebas berawal dari terbentuknya organisasi Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Indonesia pada tahun 1964, yang merupakan pelopor organisasi pecinta alam di Indonesia.Dari tahun ke tahunsemakin banyak organisasi pecinta/penggiat alam bebas bermunculan, dan kini seakan menjadi suatu tren aktivitas baru. Hal tersebut didukungjuga oleh perkembangan teknologi yang mempermudah orang-orang untuk mempublikasikan kegiatannya di alam bebas, sehingga orang lain yang melihatnyaakan merasa tertantang untuk berpetualang menikmati indahnya alam ini.
Semakin maraknya kegiatan alam bebas membuat para produsen memanfaatkan celah tersebut untuk memproduksi perlengkapan fashion bertemakan outdoor activities. Saat ini fashionbukan lagi menjadi kebutuhan sandang semata, melainkan sudah menjadi gaya hidup, terutama bagi status ekonomi menengah ke atas.Seiring perkembangan zaman, tren fashionkini tidak hanya digunakan di lingkup perkotaan dengan pakaian sehari-hari yang telah umum digunakan, tetapi juga merambah ke bidang kegiatan alam bebas, dimana fashion yang ditampilkan selain mengutamakan fungsi juga memperhitungkan segi desain.
|
Cozmeed |
Saat ini kebutuhan akan desain fashion outdoor semakin banyak, sehingga membuat persaingan antar-produsen penyedia peralatan alam bebas semakin ketat. Maka dari itu para produsen membutuhkan suatu strategi promosi yang menarik agar dapat menarik minat konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Berpromosi dapat juga dilakukan di media massa, karena media massa menjadi alat yang ampuh untuk memengaruhi pandangan masyarakat. Lewat media massa juga terjadi interaksi tak langsung antarmanusia. Media massa turut menentukan tren, dengan menampilkan trend setter maupun menampilkan unsur-unsur gaya hidup yang sedang ngetren. Jika fashion outdoordimasukkan ke dalam media massa, tentunya dapat menjadikan tren baru yang dapat meningkatkanbrand awareness para pembacanya.
Di Indonesia sendiri terdapat banyak produsen penyedia peralatan alam bebas, salah satunya adalah Cozmeed.Meskipun masih terbilang muda,Cozmeed yang berdiri sejak 2008 ini berkembang sangat pesat dan sudah memiliki citra yang baik di kalangan penggiat alam bebas.Berangkat dari hal tersebut, makadipilihlah judul Tugas Akhir “Perancangan Fotografi Fashion Editorial Sebagai Media Promosi Produk Cozmeed”. Menggunakan fotografi fashion dengan tipe editorial akan menambah kekuatan dari branditu sendiri, karena menjual produk melalui cerita yang terkonsep.