Judul Penelitian:
Efektifitas Pembelajaran Virtual Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN I Malang
Latar Belakang :
Proses belajar mengajar pada hakekatnya adalah proses komunikasi, yakni penyampaian informasi dari sumber informasi melalui media tertentu ke penerima informasi. Informasi yang akan dikomunikasikan adalah isi ajaran. Sumber pesannya bisa dari guru atau dosen salurannya melalui media pendidikan. Dan penerima pesannya adalah siswa atau mahasiswa.
Di era modernisasi saat sekarang ini, teknologi berkembang dengan sangat pesatnya. Kesibukan tenaga pendidik (guru) juga mulai meningkat. Sehingga membuat proses pembelajaran atau perkuliahan menjadi terhambat. Untuk mengatasi kendala tersebut, media pendidikan telah mengalami perkembangan yang sangat pesat.
Internet sebagai media komunikasi baru, dari segi penyampaian informasi dapat dikatakan sebagai suatu media pendidikan. Internet dapat dikatakan sebagai media pendidikan yang paling canggih dewasa ini, menurut World Magazine lebih dari 80 juta Rakyat amerika dan 200 juta warga dunia mengakses internet dan jumlah ini diharapkan lebih meningkat lagi.
Metode Virtual Learning merupakan metode pembelajaran melalui komputer-komputer yang terhubungkan lewat internet, interaksi antara dosen dan mahasiswa terjadi melalui computer. Jadi, meskipun tenaga pendidik (guru) tidak bisa hadir di kelas, proses pembelajaran tetap berlangsung.
Rumusan Masalah :
Bagaimana bentuk pemanfaatan internet sebagai media pendidikan dengan menggunakan metode virtual learning?
Apa saja factor penunjang penerapan metode virtual learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) di SMPN I Malang?
Apa saja hambatan penerapan metode virtual learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) di SMPN I Malang?