A. Pembekalan
Pembekalan KKN-PPL terpadu 2006 dilaksanakan pada tanggal 10 sampai 11 juli 2006 oleh pihak fakultas dan diikuti oleh seluruh mahasiswa yang mengikuti KKN-PPL terpadu 2006,hal ini merupakan langkah awal dari kegiatan KKN yang dilaksanakan di kampus dalam bentuk orientasi dan workshop, dengan tujuan:
1. Memberikan pengetahuan dasar kepada mahasiswa calon peserta KKN tentng latar belakang dan arah kebijakan kampus.
2. Memberikan pengetahuan kepada calon peserta KKN tentang kemasyarakatan yang berhubungan dengan problem, pendekatan dan pemecahannya.
3. Mengkondisikan kesiapan mental dan konsep mahasiswa KKN sebelum terjun ke lapangan.
B. Observasi
Setelah pembekalan langkah selanjutnya yang dilakukan fakultas adalah survey lapangan atau observasi medan, kegiatan ini dilaksanakan oleh kelompok XXXI (tiga puluh satu) sebanyak tiga kali secara kolektif pada tanggal 8, 12, 15 juli 2006 dengan tujuan:
1. Mendapatkan gambaran awal tentang medan KKN di desa kajeksan kecamatan tulangan.
2. Mendialogkan program yang telah disusun oleh seluruh anggota kelompok dengan kondosi riil masyarakat sekitar wilayah kecamatan tulangan.
C. Rumusan program
Perumusan program merupakan hal yang sangat urgent setelah observasi medan, agar pelaksanaan KKN lebih terarah bisa dilaksanakan secara maksimal. Mengenai mekanisme penyusun program adalah sebagai berikut:
1. Penyusunan program dilakukan oleh koordinator desa dan anggotanya dengan bimbingan dosen pembimbing.
2. Penyusun program dilakukan dengan tahap-tahap sebagai berikut:
a. Program sementara atau draft program disusun pada waktu pembekalan.
b. Program KKN ditetapkan setelah draft program didialogkan dengan kondisi setempat melalui observasi medan.
c. Program KKN memuat dengan jelas bentuk kegiatan, sasaran, tujuan, tempat, waktu dan metode pendekatan serta anggaran dana.
Dalam perumusan program secara garis besar terbagi menjadi tiga bagian yaitu: program pokok, program, kompetensi. Rumusan yang telah kami susun adalah sebagai berikut:
1. Program Pokok
a. Bidang pemahaman keagamaan
Dalam bidang ini kelompok XXXI telah menyusun beberapa program diantaranya:
*) Pengajian kitab
Pada pengajian kitab ini diperuntukkan untuk bapak-bapak dan ibu-ibu di desa Kajeksan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman keagamaan terutama dalam pengenalan ibadah sehari-hari. Dalam hal ini kitab yang di butuhkan oleh masyarakat adalah kitab Irsyadul Ibad dengan harapan bisa meningkatkan pengetahuan masyarakat akan tata cara beribadah sesuai dengan syariat Islam. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari kamis malam jum’at dan sabtu legi setelah sholat isya’.
*) Pengisian khotbah jum’at
Program ini diajukan untuk menggali potensi diri akan disiplin ilmu agama yang sudah kami dapatkan selama bangku sekolah atau kuliah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT demi menggapai kemajuan syiar Islam serta menggalang persatuan umat beragama secara umum.
*)Jam’iyyah yasin dan tahlil
Di kelurahan kajeksan, jam’iyah yasin dan tahlil sudah ada dan berjalan lancar, melihat keadaan ini kami sebagai mahasiswa cukup memberikan sumbangan pikiran terhadap kekurangan yang ada, seperti pembenahan tata cara memimpin tahlil secara baik dan benar.
*) Jam’iyah Diba’
Kegiatan ini sudah eksis keberadaannya, mahasiswa tinggal mengikuti dan menambah segala hal-hal yang dirasa kurang. Di Desa Kajeksan terdapat 3 macam Jamiyyah Diba’ yaitu : Jam’iyyah anak –anak dan remaja putri, Jamiyyah ibu-ibu dan Jamiyyah yang diikuti oleh bapak-bapak.
*) Manakib
Kegiatan ini dilaksanakan dua kali dalam satu bulan dan kegatan ini sudah eksis keberadaannya sehingga mahasiswa tinggal mengikutinya.
*) Pengajian umum
Program ini dilaksanakan di rumah warga secara bergilir yang diikuti seluruh masyarakat. Pengajian ini dilaksanakan untuk mengajak masyarakat mengerjakan perintah agama dan menjauhi larangan agama.
b. Bidang pengamalan keagamaan
1. Mangajar membaca Al-qur’an di TPQ Darun Najah dan TPQ Al-Munawaroh.program ini dilaksanakan setelah sholat maghrib setiap hari selain kegiatan rutin masyarakat setempat yang ada di musholah
2. Memberikan tata cara praktek sholat wajib dan sunnah. Program ini dilaksanakan beriring dengan kegiatan mengajar Al-qur’an di TPQ Darun Najah
3. Perigatan Hari Besar Islam (PHBI)
Program ini sifatnya kerja sama dengan masyarakat setempat yang sesuai kebiasaan sudah sering merayakannya. Dalam hal ini kegiatan berupa isro’ mi’roj dengan mendatangkan penceramah agama dari Sidoarjo. Acara ini dilaksanakan secara sederhana oleh masyarakat desa kajeksan.
4. Kegiatan Istighosah, Yasin dan Tahlil
Program kegiatan ini bersifat partisipatoris, karena setelah kami melakukan observasi medan ternyata dilokasi KKN (desa kajeksan)ini kegiatan ritual ibadah seperti istighosah,yasinan dan tahlil sudah terlaksana dalam beberapa majlis baik putra maupun putri, karena mayoritas penduduknya adalah warga nahdlotul ulama. Adapun jadwal kegiatan tersebut sifatnya bergantian, jama’ah putra setiap hari Selasa (istighosh, yasin, dan tahlil). Sedangkan jama’ah putri setiap hari kamis ba’da maghrib oleh jama’ah muslimat dan fatayat NU. Mengenai tempat disetiap rumah secara bergantian.
5. Pembinaan Kegiatan Diba’iyah
Pelaksanaan kegiatan ini sifatnya juga partisipatoris tetapi kami lebih mengusahakan untuk memberikan pembinaan yang menuju perbaikan daripada kebiasaan sebelumnya. Adapun jadwal pelaksanaannya satu hari dalam satu minggu yaitu hari rabu ba’da isya’ oleh putra dan hari minggu ba’da maghrib oleh putri. Sedangkan mengenai tempatnya disetiap rumah warga secara bergantian.
6. Kegiatan Khatmil Al-Qura’an
Program ini dilaksanakan di rumah warga secara bergantian setiap hari minggu yang dilaksanakan setelah shalat shubuh sampai selesai.
c. Aspek Pengembangan Lembaga Dan Pemeliharaan Sarana.
Dalam hal ini ada beberapa program yang kami rencanakan diantaranya:
1. Pembuatan papan nama yayasan pondok pesantren darun najah
Program ini berjalan lancar dan di setujui oleh pihak yayasan.namun ada sedikit hambatan yaitu terbatasnya waktu dan tenaga yang disebabkan oleh kegiatan ppl yang begitu padat di minggu-minggu terakhir masa KKN dan kegiatan ppl II yang menuntut taggung jawab mahasiswa secara profesional dalam praktek dan sistem kerja sama atau partsipatoris dalam kegiatan di sekolah.
2. Program Penunjang
a. Bidang sosial
1. Peringatan hari besar nasional (PHBN)
Program ini bersifat kerja sama dengan warga setempat yang dilaksanakan secara resmi yaitu HUT RI yang ke 61 dengan format tasyakuran dan acara inti dengan pentas seni pada tanggal 24 agustus 2006.
Selain acara tersebut dalam phbn di ramaikan pula dengan kegiatan lomba-lomba, baik lomba keagamaan seperti lomba adzan, membaca al-qur’an secara tarati, dan lomba kreasi diba’, praktek sholat dan hafalan surat-surat pendek yang diikuti oleh santri-santri TPQ, maupun lomba yang sifatnya permainan seperti jantung sehat, mengaitkan topi, kelereng, memasukkan air ke dalam botol, lari syahadat dan mewarnai.
Untuk lebih memeriahkan peringatan hari besar nasional ini, ibu-ibu PKK desa kajeksan juga mengadakan lomba senam lansia antar Rt sedesa kajeksan pada tanggal 20 agustus 2006. selain itu pada tanggal 27 agustus balai desa mengadakan jantung sehat yang diikuti oleh seluruh masyarakat desa kajeksan. Adapun peran mahasiswa antara lain sebagai juri dalam lomba lansia dan menjadi panitia dalam kegiatan jantung sehat.
b. Bidang seni dan budaya
1. Pelatian menulis kaligrafi untuk anak-anak TPQ Al-Munawaroh yang diadakan dua kali seminggu yaitu tiap hari rabu dan sabtu ba’da maghrib. Pelatian ini mendapat respon positif dari santri TPQ dan wali santri.
2. Pembinaan qosidah yang diikuti oleh sebagian santri TPQ Darun Najah dan santri pondok pesantren Darun Najah. Pembinaan ini dalam rangka mempersiapkan pentas seni memperingati isro’ mi’roj dan HUT RI ke 61
3. Pelatihan tari sholawat yang diikuti oleh TPQ Darun Najah, pelatihan ini untuk mempersiapkan pentas seni memperingati isro’ mi’roj dan HUT RI ke 61 pada tanggal 24 agustus 2006.
4. Pelatihan keterampilan merajut benang dari wool yang diikuti oleh sebagian anggota osis MA Darun Najah. Pelatihan ini bertujuan untuk menambah keterampilan remaja putri.
3. Program kompetensi
Program ini bermuatan fakultas tarbiyah yang secara otomatis bergerak di bidang pendidikan. Adapun kegiatan yang kami susun meliputi :
a. Kursus bahasa Arab dan bahasa Inggris untuk anak tingkatan SMP, SMA atau MTs, MA, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan potensi bahasa asing bagi anal-anak pedesaan, kegiatan ini mendapat respon positif dari warga.
D. Hasil Pelaksanaan Program
1. Program Pokok
a. Bidang Pemahaman Keagamaan
Dalam bidang ini ada lima program kegiatan yang direncanakan, dan kebanyakan sifatnya partisipatoris dan bersifat pengembangan semata. Dan dari kelima kegiatan tersebut terlaksana secara keseluruhan, dan secara maksimal sukses sesuai dengan yang kami harapkan.
Program ini adalah usaha mendekatkan mahasiswa KKN dengan masyarakat desa dan hasilnya masyarakat jadi tertarik untuk mengikuti pengajian kitab, sehingga wawasan mereka tentang Islam menjadi bertambah.
b. Bidang Pengamalan Keagamaan
Kegiatan yang dilaksanakan dalam bidang ini ada enam bidang kegiatan dan sifatnya juga partisipatoris, meskipun sebagiannya bersifat pengembangan semata. Dan dari keenam kegiatan tersebut dapat terealisasi secara keseluruhan dan maksimal sukses sesuai dengan program yang kami harapkan.
c. Bidang Pengembangan Lembaga
Dalam bidang ini, ada satu bidang yang direncanakan dan mampu terealisasi secara keseluruhan dan maksimal sesuai dengan yang kami harapkan.
2. Program Penunjang
a. Bidang Sosial
Dalam bidang sosial ini ada tiga program kegiatan, dan secara keseluruhan mendapat hasil maksimal atau terealisasi dengan sukses.
b. Bidang Ekonomi
Dalam bidang ekonomi, program kerja yang direncanakan kurang mendapat respon positif dari masyarakat. Demikian pula faktor penghambat, seperti tenaga penyuluh yang profesional serta dana untuk kegiatan kurang terpenuhi dengan maksimal. Sehingga hasil dari perencanaan program tidak dapat dilihat secara riil
c. Bidang Seni dan Budaya
Program kerj adalam bidang ini ada empat yatu latihan tari, pembinaan tilawatil Quran, menyanyi dan kaligrafi. Semuanya dapat terealisasi secara maksimal. Hasilnya dapat dilihat dalam perayaan HUT RI ke 61, yaitu dalam pentas seni desa, sekaligus memperingati Isra’ Mi’raj.
3. Program Kompetensi
Dalam program ini fokus pada bidang pendidikan dan terdiri dari empat program yaitu kursus bahasa Arab dan bahasa Inggris, bimbingan belajar, pelatihan komputer dan pelatihan desain grafis, dengan mendapat hasil yang maksimal.