Status pendidikan : Sekolah dasar
Mata pelajaran : IPS
Kelas / semester : IV / II
Alokasi waktu : 2 x 1 pertemuan
Materi : Hak dan kewajiban warganegara
Kompetensi dasar : Kemampuan memahami hak dan kewajiban warganegara
Indikator pencapaian:
1. Menjelaskan hak dan kewajiban warganegara
2. Membuat daftar hak dan kewajiban warganegara terhadap pemerintah
Uraian materi :
1. Pengertian hak dan kewajiban warga negara:
2. Pembuatan daftar tentang hak dan kewajiban warga negara terhadap pemerintah
Langkah-langkah pembelajaran:
- Pendahuluan : - Berdo’a
- Pretest untuk mengetahui kemampuan anak
- Membagi kelas ke dalam kelompok-kelompok dan diberi tugas
- Menciptakan suasana kelas yang kondusif
- Kegiatan Inti : - Kelompok belajar mendiskusikan tugas yang diberikan
- Tiap kelompok belajar menuliskan ke papan tulis
- Diskusi kelas
- Penutup : - Evaluasi
- Do’a
Strategi pembelajaran : - Diskusi Kelompok
- Diskusi Kelas
Sumber ajar:
- Buku Paket siswa
- Buku Penunjang
Surabaya, 21-11-2006
Mengetahui,
Kepala SDN Medaeng II Waru Guru kelas IV
H. Kusnanto, M.Pd Fendika Prastiyo, S.Pd
NIP. 131 710 503 NIP. 2470013
SKENARIO PEMBELAJARAN
Satuan pendidikan : Sekolah dasar
Mata pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / semester : VI / I
Pokok bahasan : GOING CAMPING
Sub pokok bahasan : - Membaca teks
- Menyampaikan informasi
- Menyusun kalimat
- Melakukan permainan
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
A. Standar kompetensi
Membaca teks dengan lafal dan intonasi yang benar
B. Kompetensi dasar
Siswa mampu membaca teks dengan lafal dan intonasi yang benar
C. Indikator
Siswa dapat:
1. Membaca dengan rasa senang teks tentang kegiatan siswa yang sedang berlangsung dalam kegiatan camping
2. Mengidentifikasi kosa kata sesuai dengan tema
3. menjawab pertanyaan berdasarkan informasi dalam teks
D. Tujuan Pembelajaran
a. Tujuan Produk
1. Siswa dapat membaca teks dengan lafal dan intonasi yang benar.
2. Siswa dapat mengidentifikasi kosa kata sesuai dengan tema
3. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan informasi dalam teks
b. Tujuan Proses
Siswa diharapkan dapat:
1. Aktif terlibat dalam kegiatan belajar mengajar
2. Dapat mengerjakan latihan-latihan dalam lembar kerja siswa
c. Tujuan efektif
Siswa diharapkan dapat:
1. Menjelaskan gagasannya dan pemahamannya kepada guru dan teman-temannya
2. bekerja sama dan mampu berinteraksi dengan teman-temannya dengan baik.
d. Materi Pembelajaran
Going Camping
e. Kelengkapan
1. Buku paket siswa “enjoyable learning”
2. Lembar Kerja Siswa
3. Buku penunjang
f. Aktifitas belajar-mengajar
Model pembelajaran : Model pembelajaran interaktif
Alat dan Bahan : Buku paket, buku penunjang dan LKS (bimbel)
Fase Aktifitas Guru dan Murid Alokasi
I - Siswa membaca do’a
- Guru mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok diskusi
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa 10 Menit
II - Guru menyuruh siswa untuk membaca secara cermat, dan mendiskusikannya dengan teman sekelompok
- Siswa mengerjakan tugas sesuai dengan yang dideskripsikan dalam LKS (bimbel)
- Guru berkeliling mengamati aktifitas setiap kelompok dan mengajukan pertanyaan. 25 Menit
III - Guru mengumpulkan hasil kerja siswa, kemudian meminta siswa untuk menuliskan hasil kerja di papan tulis
- Guru memimpin diskusi dan tiap kelompok memberi komentar. 30 Menit