Satuan pendidikan : Sekolah dasar
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/semester : II / I
Pokok bahasan : Keluarga
Alokasi waktu : 25 x pertemuan @ 45 Menit
A. Kompetensi Dasar
1. Mendengarkan pembacaan teks pendek.
2. Bertanya/menanyakan sesuatu.
3. Membaca/bersuara (membacakan) teks pendek.
4. Menulis karangan pendek.
B. Hasil Belajar
1. Menjelaskan isi teks pendek (8-12 Kalimat) yang didengar dengan menggunakan kata-kata atau kalimat.
2. Menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal menggunakan kalimat dan pilihan.
3. Membaca teks pendek dan panjang dengan memperhatikan pelafalan dan intonasi yang tepat sehingga mudah dipahami orang lain.
4. Menulis karangan pendek tentang kegiatan anggota keluarga.
C. Indikator
1. a. Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita.
b. Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
2. Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
3. a. Membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat.
b. Menjawab atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
c. Menceritakan isi teks yang dibaca menggunakan kata-kata sendiri.
d. Membaca lancar dengan pemahaman teks cerita agak panjang.
e. Menjawab atau mengajukan pertanyaan isi teks.
f. Menceritakan isi teks cerita yang dibaca menggunakan kalimat atau kata- kata sendiri.
4. a. Menulis nama orang tua, pekerjaan orang tua, nama anggota keluarga di rumah dan kegiatan anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca.
b. Menulis menggunakan huruf sambung dengan rapi dan dengan kecepatan tertentu.
D. Materi Pokok
1. Teks cerita (8-12 Kalimat).
2. Kata tanya dan kalimat tanya.
3. a. Teks pendek
b. Teks cerita atau fiksi (15-20 kalimat).
4. a. Informasi mengenai kegiatan anggota keluarga.
b. Kalimat sederhana dengan huruf sambung antara 6-8.
E. Sarana/Sumber Belajar
1. Buku penunjang Bahasa Indonesia.
2. Buku Paket.
F. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Alokasi
Awal:
1. Kelas dikondisikan.
2. Penghormatan murid kepada guru.
3. Absen Siswa. 15 Menit
Inti:
1. Pretest.
2. Aplikasi konsep yakni dengan mengajak siswa untuk menemukan konsep yang sesuai dengan materi yang diajarkan 30 Menit
Akhir:
1. Evaluasi
Menarik kesimpulan dari apa yang diajarkan
2. Penutup/Do’a 5 Menit
G. Penilaian
1. Menjawab pertanyaan.
2. Mengerjakan di buku bahasa Indonesia.
3. Membaca bergantian.
4. Menjawab secara tertulis.
5. Menceritakan kembali.
Sidoarjo, 6 Oktober 2006
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD Medaeng II Guru Kelas
NIP NIP