Dahulu busana Muslim merupakan busana yang hanya sekedar menutup aurat saja dengan tidak memperhatikan gaya dan model hanya fungsional dari busana Muslim itu sendiri, begitupun dengan busana hijab, seiring dengan berkembangnya waktu dan perkembangan mode dan tren busana hijab menjadi sangat modis dan telihat lebih berwarna tetapi tidak mengurangi nilai dari busana hijab itu sendiri yang diharuskan menutup bagian auratnya.
Selain busana hijab mungkin kita mengenal banyak istilah seperti jilbab, hijab syar’idan kerudung. Jilbab ataupun hijab memiliki arti yang mirip yaitu sama tujuan dan fungsinya untuk menutup aurat. Sedangkan hijab syar’iadalah, hijab yang lebih tertutupsemua sampai bagian muka, yang terlihat hanya bagian mata dan telapak tangan, panjang kerudung pun sampai menutup bagian dada. Kerudung adalah bagian dari busana Muslimah yaitu untuk menutup bagian kepala dan leher. Perbedaan dengan busana hijab yang menjadi subyek utama disini adalah busana hijab yang lebih mengikuti tren dan mode yang berkembang sekarang tanpa banyak mengurangi esensi dari fungsinya yaitu menutup aurat dari perempuan Muslimah.
Banyak sekali variasi dari busana hijab mulai dari variasi yang diciptakan komunitas-komunitas hijabers, yang dibuat oleh para produsen busana hijab itu sendiri dan para fashion designer. Contoh yang banyak orang sudah tahu sekarang yaitu busana hijab yang menggunakan penutup kepala turban, busana hijab pastel yaitu busana hijab yang munggunakan warna-warna pastel dalam busananya, lalu ada busana hijab yang terlihat glamour dan masih banyak yang lainya.
|
Hijab Moshaict |
Busana hijab sendiri mulai berkembang tahun 2000-andi Indonesia dengan tidak lepas dari peran para fashion designeryang berhasil di dunia fashionhijab yaitu Dian Pelangi, Ria Miranda, Zaskia Sungkar dan masih banyak lagi. Selain itu juga peran para produsen busana hijab juga sangat berperan besar dalam berkembanganya busana hijab.
Fashion saat ini bukan lagi menjadi kebutuhan sandang semata, tetapi melainkan sudah menjadi gaya hidup, terutama bagi masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan. Seiring perkembangan jaman, tren fashionkini sudah merambah di lingkup perkotaan tidak hanya dengan pakaian sehari-hari yang telah umum digunakan, tetapi juga fashion sudah menjadi kebutuhan kita bahkan untuk hanya sekedar keluar rumah, terlebih untuk melakukan kegiatan keluar kota. Busana hijab menjadi salah satu tren fashion yang sedang berkembang sangat pesat dan menjadi sorotan khususnya di Indonesia. Busana hijab lebih banyak digunakan oleh perempuan dewasa di Indonesia. Busana hijab sekarang banyak menjadi pilihan selain dapat mengikuti mode dan tren yang sedang berkembang, para fashion designerdan produsen busana hijab membuat busana hijab yang sangat nyaman dipakai kemana saja dan kegiatan apapun, termasuk kegiatan-kegiatan di luar kota.
Indonesia terkenal dengan negara yang mempunyai banyak provinsi dan di setiap provinsinya memiliki kota-kota dengan keindahan arsitekturnya masing-masing dan juga tempat-tempat identik yang tidak bisa kita jumpai di kota lainnya di Indonesia. Bagi masyarakat pada umumnya hal tersebut menjadi sangat menarik untuk dikunjungi, bagi sebagian dari mereka fashion tidak bisa lepas dari kegiatan-kegiatan apapun yang mereka lakukan, termasuk wanita yang menggunakan hijab. Dengan bertambahnya penguna hijab semakin bertambah pula kebutuhan akan fashionyang menarik selagi dalam kegiatan mereka, dan juga persaingan antar fashion designerkhususnya busana hijab menjadi semakin ketat, sehingga membutuhkan suatu strategi promosi yang menarik agar menarik minat konsumen terhadap produk yang ditawarkan.
Fotografi fashion adalah satu dari sekian banyak klarifikasi dalam dunia fotografi. Fotografi fashion lebih mengarah kepada hal-hal berhubungan dengan benda-benda fashion seperti busana, aksesoris, sepatu, dan juga tas. “Sedangkan fashion sendiri merupakan suatu media ekspresi yang digunakan untuk menyampaikan gagasan, pikiran, ide, cerita, peristiwa, dan sebagainya seperti halnya bahasa” (Linde, 2009: 4). Dalam dunia fashionberbagai mode dan gaya terus diciptakan oleh desainer-desainer dalam dan luar negeri.
Di Indonesia para fashion designer dan produsen busana hijab sudah banyak, salah satunya adalah Moshaict. Meskipun masih terbilang muda, namun moshaict berkembang dengan sangat pesat dan sudah memiliki citra yang sangat baik di kalangan pengguna busana hijab. Berangkat dari hal tersebutlah saya mengambil tugas akhir “Fotografi Fashion Produk Busana Hijab Moshaict”. Menggunakan fotografi fashiondengan alur cerita akan menambah kekuatan dari brand itu sendiri, dengan menjual produk melalui cerita yang terkonsep.
Jadi pengertian dari judul tugas akhir “Fotografi Fashion Produk Busana Hijab Moshaict” adalah menciptakan karya fotografi fashion melalui alur cerita yang melakukan kegiatan di beberapa kota besar di Indonesia, yang di dalamnya memiliki sebuah cerita yang saling berkaitan pada setiap scene-nya. Karya seni tugas akhir ini yang nantinya bisa digunakan perusahaan sebagai media promosi pada media massa yang berhubungan dengan penerbitan, seperti contohnya adalah majalah ataupun media sosial dan website.