Dakwah Islam Di JTV (Analisis Semiotik Program Wak Kaji Show)  

USULAN JUDUL SKRIPSI

JUDUL
Dakwah Islam Di JTV (Analisis Semiotik Program Wak Kaji Show)

FENOMENA SOSIAL – DAKWAH
Televisi merupakan salah satu media elektronik yang sangat efektif dalam menyampaikan pesan kepada khalayak ramai. Selain harganya terjangkau, pesan yang disampaikan lewat televisi akan mudah diterima oleh khalayak karena bentuknya yang berupa audio visual. Dengan kelebihan dan fungsi yang dimiliki oleh televisi sebagai media massa yaitu memberikan informasi, hiburan dan kontrol social. Hal ini dimanfaatkan oleh berbagai pihak termasuk dari golongan pendakwah agama yang memanfaatkan media televisi sebagai media perantara dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah.
Salah satu dari mereka yang memilih media televisi sebagai media dakwah adalah penayangan program acara wak kaji show di Jtv. Wak kaji show adalah salah satu program keagamaan dari sekian banyak program keagamaan lainnya. Wak kaji show merupakan program keagamaan yang dikemas dalam bentuk tausiyah dan diselingi dialog interaktif antara da’i dan pemirsa baik yang ada di studio maupun pemirsa yang ada dirumah. Program ini ditayangkan setiap hari kamis dan senin pukul 04.30 – 05.30 WIB.
Program wak kaji show dipilih sebagai bahan penelitian karena dalam acara ini yang memberi tausiyah adalah seorang ustadz atau kiyai yang ahli di bidang agama. Yang membuat tertarik peneliti adalah faktor apa yang melatarbelakangi program wak kaji show. Mengapa demikian, sebab dari judul wak kaji show terlintas makna dari tanda yang diberikan pada pemikiran kita bahwa yang memberi tausiyah adalah pak haji bukan pak kiyai atau pak ustadz. Padahal seseorang yang memiliki gelar haji belum bisa dikatakan bahwa dia seorang kiyai atau ulama namun, sebaliknya jika seorang kiyai atau ulama sebagian besar dari mereka sudah pernah berhaji maka secara tidak langsung kiyai atau ulama tersebut menyandang gelar haji. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang melatarbelakangi program wak kaji show.

RUMUSAN MASALAH
Faktor apa saja yang melatarbelakangi program wak kaji show.

REFERENSI TERKAIT
Faisal, Sanapiah. 1990. Penelitian kualitatif dasar-dasar dan aplikasinya. Malang : Yayasan Asah Asih Asuh
Moleong, Lexy J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Subroto, Darwinto Sastro. 1995. Televisi Sebagai Media Pendidikan. Yogyakarta : Duta Wacana University Press
Syukir, Asmuni. 1983. Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam. Surabaya : Al-Ikhlas
Tasmara, Toto. 1987. Komunikasi dakwah. Jakarta : Gaya Media Pratama