”Dari proses belajar mengajar ini akan diperoleh suatu hasil, yang pada umumnya disebut hasil pengajaran, atau dengan istilah tujuan pembelajaran atau hasil belajar”.
Beberapa ahli pendidikan dan psikologi telah mencoba merumuskan dan membuat definisi tentang belajar yang akan dijelaskan secara singkat di antaranya. Menurut B. F. Skinner ”Belajar adalah suatu proses atau penyesuaian tingkah laku yang berlangsung secara progresif. Belajar juga dipahami sebagai suatu perilaku, pada saat orang belajar, maka responsnya menjadi lebih baik. Sebaliknya jika ia tidak belajar, maka responsnya menurun”.
Menurut Syekh Abdul Aziz dalam kitab At-Tarbiyatul wa Thuruqut Tadris mendenifisikan belajar sebagai berikut:
“Belajar adalah merupakan perubahan tingkah laku pada hati (jiwa) si pelajar berdasarkan yang sudah dimiliki menuju perubahan baru”.Menurut H.H, Stern “Learning is a general concept which refers to modifications and adaptation of organisms to their environment”.
Ungkapan ini menjelaskan bahwa pembelajaran adalah sebuah konsep umum yang mengarah kepada perubahan dan penyesuaian organismeterhadap lingkungannya. Sesuai dengan pengertian belajar secara umum, yaitu bahwa belajar merupakan suatu kegiatan yang mengakibatkan terjadinya perubahan tingkah laku, maka pengertian pembelajaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru sedemikian rupa, sehingga tingkah laku peserta didik berubah ke arah yang lebih baik. ”Sedangkan Proses pembelajaran merupakan proses interaksi antara dua manusia yakni pembelajaran sebagai pihak yang belajar dan pembelajaran sebagai pihak yang mengkondisikan terjadinya kegiatan belajar”.
Karena begitu pentingnya seseorang untuk menuntut ilmu di dalam agama Islam terutama bagi setiap Muslim sehingga di dalam hadits Rasulullah SAW menganjurkan para umatnya untuk melaksanakan kewajiban ini seperti yang terdapat dalam hadist yang berbunyi:
Dari Anas beliau berkata: Rasullullah SAW, bersabda: menuntut ilmu diwajibkan kepada setiap muslim.(HR. Ibnu Majah)